Rabu, 02 November 2011

ANALISIS SISTEM ADMINISTRASI INDOMARET

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah kepada kita semua, sehingga berkat Karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ”Analisis Sistem Informasi”. Dalam penyusunan makalah ini, kami tidak lupa mengucapkan banyak terimakasih pada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas makalah ini sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini. Dan tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada bapak/ibu dosen yang telah membimbing kami.
Dalam penyusunan makalah ini kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kami sendiri maupun kepada pembaca umumnya.


Depok, Oktober 2011

               Penyusun


DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR .....................................................................   i
DAFTAR ISI...................................................................................   ii
BAB I PEMBAHASAN
A.    Visi, Motto Dan Budaya Indomaret....................................... 1
B.     Sistem Distribusi.................................................................... 1
C.     Menjadi Franchisee Indomaret.............................................. 2
D.    Waralaba Indomaret............................................................... 3
E.     Pola Waralaba......................................................................... 3
F.     Keuntungan Waralaba............................................................. 5
G.    Tahapan Kerjasama................................................................. 6
H.    Poroses Input dan Output Pada Indomaret ........................... 7
I.       Struktur Organisasi Dari Indomaret...................................... 11

BAB II PENUTUP
A.    KESIMPULAN........................................................................ 12
B.     SARAN................................................................................... 12



BAB I
PEMBAHASAN

A.           Visi, Motto Dan Budaya Indomaret
1.      VISI
Menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global.
2.      MOTTO
Mudah dan hemat.
3.      BUDAYA
Dalam bekerja indomaret menjujung tinggi nilai-nilai :
a.    Kejujuran, kebenaran dan keadilan,
b.    Kerjasama tim,
c.    Kemajuan melalui inovasi yang ekonomis,
d.    Kepuasan pelanggan.

B.           Sistem Distribusi
1.      Pusat distribusi
Sistem distribusi dirancang seefisien mungkin dengan jaringan pemasok yang handal dalam menyediakan produk terkenal dan berkualitas serta sumber daya manusia yang kompeten, menjadi Indomaret memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Saat ini Indomaret memiliki 5 pusat distribusi di Ancol Jakarta, Cimanggis Depok, Tangerang, Bandung dan Surabaya. Dengan menjalin lebih dari 400 pemasok, Indomaret memiliki posisi baik dalam menentukan produk yang di jual.

2.      Sistem Teknologi Informasi
             Laju pertumbuhan gerai Indomaret yang pesat dengan jumlah transaksi 8,4 juta transaksi perbulan di dukung oleh sistem teknologi yang handal. Sistem teknologi informasi Indomaret pada setiap point of sales di setiap gerai mencakup sistem penjualan, menyediakan dan penerimaan barang. Sistem ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan.
      Saat ini dengan memperhatikan perkembangan jumlah gerai dan jumlah transaksi di masa mendatang.
  Indomaret berupaya meningkatkan pelayanan dan kenyamanan belanja konsumennya dengan menerapkan system check out yang menggunakan scanner di setiap kasir dan pemasangan fasilitas fasilitas pembayaran di debit BCA. Indomaret menerapkan digital picking system ( DPS ) pada setiap distribusinya. Sistem TI ini memungkinkan pelayanan permintaan dan suplai barang dari pusat distribusi ke toko-toko dengan tingkat kecepatan yang tinggi dan efisiensi yang optimal. Pusat distribusi Indomaret berada di Jakarta, Cimanggis, Tangerang, Surabaya dan Bandung.

 

3.        Promosi
Sasaran pasar Indomaret adalah konsumen kelas menengah. Lokasi gerai yang strategis dimaksudkan untuk memudahkan Indomaret melayani  sasaran demografisnya yaitu keluarga. Strategi pemasaran Indomaret diitregasikan dengan kegiatan promosi. Secara berkala Indomaret menjalankan program promosi dengan berbagai cara, seperti memberikan harga khusus, undian berhadiah maupun hadiah langsung.

C.            Menjadi Franchisee Indomaret
Untuk membeli hak waralaba Indomaret atau franchisee, langkah awal yang harus dipenuhi adalah:
1.         Warga Negara Indonesia(WNI).
2.         Menyediakan ruang usaha ukuran 120-150 m2 (milik sendiri/sewa).
3.         Memiliki NPWP dan PKP, serta kelengkapan perijinan lainnya.
4.         Investasi peralatan toko dan biaya waralaba.

Indomaret dapat menyiapkan pengelolaan toko dalam hal:
1.         Survey kelayakan tempat usaha dan bantuan mencari lokasi.
2.         Perencanaan anggaran biaya.
3.         Studi kelayakan investasi.
4.         Tata ruang dan perencanaan toko.
5.         Pengurusan ijin usaha dan NPWP.
6.    Renovasi ruang usaha.
7.         Pembelian peralatan toko.
8.         Seleksi dan pelatihan karyawan.
9.         Standard kerja dan sistem penggajian karyawan.
10.      Paket sistem operasional toko dan administrasi keuangan.
11.   Seleksi dan kredit barang dagangan tanpa bunga dan tanpa jaminan.
12.     Program promosi penjualan.

D.           Waralaba Indomaret
Pada tahun 1997 Indomaret memperkenalkan sistem kemitraan(waralaba) dengan membuka peluang bagi masyarakat luas untuk turut serta memiliki dan mengelola sendiri Indomaret. Sampai Mei 2010 telah mencapai jumlah 4261 gerai. Mitra usaha waralaba ini meliputi : koperasi, badan usaha dan perorangan.
Sebagai strategi ekspansi yang melibatkan modal pihak lain, bisnis waralaba mau tidak mau harus transparan dan konsepnya saling menguntungkan serta saling percaya di antara pewaralaba dengan terwaralaba (franchisee). Minimal selama 5 tahun bisnis waralaba tersebut mampu membuktikan sebagai perusahaan sehat, yang didukung oleh sistem dan  format bisnis yang teruji.

E.            Pola Waralaba
Terdapat 2(dua) pola kerjasama waralaba, yaitu:
1.      Tidak memiliki tempat usaha 
Jika kita tidak memiliki tempat usaha, Indomaret menawarkan dua opsi kerja sama.
a)   Usulan lokasi baru
Indomaret menawarkan lokasi yang telah disurvey perencanaan matang, mulai dari design layout toko, estimasi investasi, pendapatan, pengeluaran dan payback periode.
b) Take over kepemilikan.   
Indomaret menawarkan toko milik sendiri, yang sudah teruji dan menguntungkan. System ini relative lebih safe namun nilai investasinya lebih tinggi dibanding dengan membuka toko baru karena ada biaya toko, sejak dibuka hingga mencapai kondisi mapan.
Perhitungan Biaya:
BIAYA FRANCHISE
Rp 36.000.000 (+PPN)
BIAYA INVESTASI
Rp 300.000.000 – Rp.350.000.000
(Franchise fee, perijinan, pembelian, peralatan elektronik dan non elektronik)
BIAYA ROYALTI
Presentase Penjualan Bersih
Rp 0 – Rp 175.000.000 - > 0%
Rp 175.000.000 – 200.000.000 -> 2%
Rp 200.000.000 – 225.000.000 -> 3%
Rp 225.000.000 -> 4%

2.      Memiliki tempat usaha
Apabila anda telah memiliki lokasi usaha, Indomaret menawarkan kerja sama sebagai berikut:
     a.      Ruang usaha atau rumah atau tanah
-      Prosedur kerja sama dengan “Usaha lokasi toko baru”.
-  Indomaret terlebih dahulu melakukan survei kelayakan lokasi yang anda usulkan, mulai dari  usulkan, mulai dari potensi wilayah, peruntukan bangunan dan perijinan, perencanaan layout toko sampai dengan estimasi payback periode-nya.
-     Jika semua dinilai layak, kerja sama dapat dilakukan. Akan tetapi jika tidak atau ada kendala lain, Indomaret akan menyerahkan untuk mencari lokasi yang lain.
b.      Minimarket existing
Jika kita memiliki toko yang kurang berkembang dan ingin mengembangkannya, dapat bergabung dengan Indomaret. Prosedur standardnya sama, mulai dari survey kelayakan lokasi hingga estimasi payback periode.

F.            Keuntungan Waralaba
1.      Transformasi Pengetahuan
Bergabung dengan Indomaret, akan banyak diperoleh pengetahuan bisnis toko modern dan sekaligus menempatkan anda sebagai pelaku bisnis.
2.      Potensi Pasar
Bantuan survey lokasi dari Indomaret akan memperkaya wawasan mengenai potensi dan strategis tidaknya lokasi.
3.      Tidak full time
Dukungan system operasional toko yang terintegrasi, membuat para investor tidak perlu terlibat secara full time dalam operasional toko ataupun meninggalkan pekerjaan sebelumnya.
4.      Peluang berkembang
Investor dapat memiliki lebih dari 1 (satu) unit toko dengan tingkatan kesibukan yang sama dan dapat diatur.
5.      Minimalisasi Resiko
          Perencanaan matang, mulai survey lokasi sampai dengan opening toko, kecepatan distribusi dan kelengkapan barang dagangan, serta dukungan management toko yang solid akan membantu investor dalam menekan resiko kerugian.


G.           Tahapan Kerjasama
1.      Hubungi bagian waralaba Indomaret untuk mengikuti presentasi
Jakarta         : (021) 6918978, 6918980, 6919710-12
Bandung      : (022) 7215556
Surabaya      : (031) 8915000 / 8910999
2.      Presentasi pertama
Supaya  presentasi belanja lebih efektif dan bisa langsung ditindaklanjuti, bagi Franchisee yang sudah memiliki urusan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotocopy dokumen pendukung, seperti:
-          Sertifikat Bangunan,
-          IMB (Izin Menggunakan Bangunan),
-          KTP(Kartu Tanda Penduduk),
-          KK(Kartu Keluarga),
-          (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP,
-          Serta denah lokasi.
Pada presentasi pertama ini akan dijelaskan dengan detail mekanisme kerjasama, besarnya investasi, system operasional toko, system pembagian keuntungan dan system pelopor.
3.      Presentasi kedua
             Pada presentasi kedua akan dipaparkan hasil survey kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah kepada besarnya nilai investasi. Biasanya pada presentasi kedua ini di lanjutkan dengan penandatanganan MPU(Nota Kesepakatan) yang mencangkup butir-butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dengan investor dalam mempersiapkan pembukuan toko, mulai dari pengurusan perijinan, renovasi bangunan, pembelian perlengkapan toko, seleksi dan training karyawan, serta term pembayaran.
4.      Pembukaan toko
Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka toko telah siap untuk dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Setelah toko buka, akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.

H.           Poroses Input dan Output Pada Indomaret
a)    Input
Berikut ini adalah sample Laporan Nota Penerimaan Barang(NPB) pada tanggal 13 Oktober 2011 :
13/10/2011
No.NPB            : 1364491
No.Kontainer   : 000209192000
NO.
PLU(Kode Barang)
DESKRIPSI
QTY(Quantity)
1.
0542
Carnation SKM 380gr
2
2.
1482
Lageo Sandwich Cheese 100gr
2
3.
1724
Dancow Instant Box 800gr
3
4.
2992
Foxs Cb Pasion 38gr
1
5.
3825
Alpenliebe Caramel 125gr
2
6.
4263
Milo 3 In 1
5
7.
8833
Fruity Jeruk 39gr
2
8.
7438
Strepsils Hny Lmn 65
1
9.
7735
Pediasure Cmpl Vn900
2
10.
8403
Tamarin Candy Asem 150gr

 
2
11.
8592
Wrgl Cool Pineapple 88gr
1
12.
9378
Lactogen 2 DHA 350gr
4
13.
9450
Milo Actigen 300gr
4

13/10/2011
No.NPB            : 1362881
No.Kontainer   : 000209192001
NO.
PLU(Kode Barang)
DESKRIPSI
QTY(Quantity)
1.
1709
Good Day Hot Mocacino
66
2.
1753
Good Day Hot Capucino
138
3.
1808
Good Day Hot Vanilla Late
66

13/10/2011
No.NPB            : 1364491
No.Kontainer   : 000209192002
NO.
PLU(Kode Barang)
DESKRIPSI
QTY(Quantity)
1.
0137
Gg Surya Filter 165
10
2.
0143
Djarum Super Filter 16
10
3.
0357
Sampoerna Krt 125/Pcs
30
4.
0457
Faster Ballp Cx Hitam
2
5.
0493
S/D Mggtng&Mlipt MIX
1
6.
0800
Abc Alkalin A4-Lr 6/0
1
7.
1049
S/A Fc.Foam P.Lgst75
1
8.
1053
Amplop Pls 90-80 205
2
9.
1238
Axe Deo Twist Twz150
1
10.
1313
Garnier Light W&Pr30
1
11.
1491
Max Stapler Hd-10

 
2
12.
1546
Rexona Deo Men Adv40
3
13.
1603
Kenco Isi Cutter L-500
2
14.
2001
Pantene Shp S&Sili50
8
15
2028
Dji Sam Soe S/Prm
30
16.
2017
Pixy N.White Ref 12.2
1
17.
2274
Djarum Black Filter
10
18.
2343
Biore Form Rf Ant 250
1
19.
2413
Olay Uv White Lotion30
1
20.
2481
Selection Kapas 35gr
8
21.
3206
Kenko Stnery Type-0j
1
23.
3360
Dunhil Rokok Light20
10
24.
3422
Staedler Paket Ujian
2
25.
3999
Adinata Shop Bag Mix
2
26.
4380
Caplang Balsam
1
27.
4907
234 Rokok KRT 12/PCS
20
28.
4908
Sampoerna Milo 165
20
29.
4911
GG Surya Pro Filter
10
30.
5008
Sampoerna Flava 125
10
31.
5913
Vsline F/Wash D/C100
2
32.
6944
Ovale Face White
2
33.
7044
Idm Double Foijoj 05
2
34.
7133
Snowman Spidol P125
2
35.
7598
Gg Surya Pro Mild 165
10
36.
8363
Faster H Go C^/Ecb H
1
37
8418
U Mild Rokok Filter 16

 
30
38.
9872
Glade Bathroom Lvd/75
1
39.
9882
Glade Cont Fbsh Mrf8
1

Berikut ini adalah sample Bukti Pemrosesan Data(BPD) pada tanggal 13 Oktober 2011 :
T21J – AKSES UI 3/005
No.NPB            : 2779
DATA NPB : 1364491, TGL 13.10.2011
TELAH DI PROSES
KETERANGAN (UNTUK BPD No : 2779, TGL 13.10.2011)
TOTAL : # 13 ITEM, QTY : 31.
DPP : 34.623, PPN : 0, TOTAL 3.534,623
 
Jam                  : 15.00






T21J – AKSES UI 3/005
No.NPB            : 2780
Jam                  : 15.00
DATA NPB : 1362881, TGL 13.10.2011
TELAH DI PROSES
KETERANGAN (UNTUK BPD No : 2780, TGL 13.10.2011)
TOTAL : # 3 ITEM, QTY : 270.
DPP : 4.567, PPN : 0, TOTAL 190.872
 
 




T21J – AKSES UI 3/005
No.NPB            : 2781
Jam                  : 15.00

DATA NPB : 1364491, TGL 13.10.2011
TELAH DI PROSES
KETERANGAN (UNTUK BPD No : 2781, TGL 13.10.2011)
TOTAL : # 39 ITEM, QTY : 252.
DPP : 56438, PPN : 0, TOTAL 8.988.349
 


 
 
 b) output

 

Berikut ini adalah Bukti Bon atau Nota Pembelian 13 Oktober 2011 :

  
I.                   Struktur Organisasi Dari Indomaret

Bagan Struktur Organisasi Toko Indomaret



BAB II
PENUTUP

A.           KESIMPULAN
Pada prinsipnya setiap waralaba Indomaret menjual produk-produknya dengan strategi maupun teknik penjualan yang bagus, sehingga komoditas yang ditawarkannya dapat terjual dengan baik. Kualitas pelayanan yang diberikan adalah merupakan kinerja terpenting oleh perusahaan bagi kepuasan konsumen/pelanggan.

B.           SARAN
a)        Perusahaan sebaiknya memperhatikan hal-hal penting bagi konsumen, supaya mereka merasakan kepuasan sebagaimana yang diharapkan.
b)        Persediaan barang pada minimarket Indomaret agar dapat disajikan dengan lebih lengkap agar apa yang diinginkan konsumen dapat dipenuhi .
c)         Mayoritas konsumen Indonesia sensitive terhadap harga, karena itu Indomaret agar menekan harga dengan cara memutus saluran distributor yang panjang yang akan meminimalkan biaya dan pada akhirnya harga menjadi sama dengan pesaing. Selebaran yang  full color dengan informasi produk dan harga tidak akan banyak mempengaruhi pembeli karena mereka juga akan mendapat selebaran yang sama menarik dari peritel lainya.
d)         Pelayanan pada minimarket Indomaret sebaiknya ditambahkan dengan fasilitas pesan belanja melalui telpon agar tidak kalah dengan pesaing.
e)        Indomaret dapat membuka cabang tidak hanya di kota-kota besar saja, akan tetapi di daerah yang terpencil.
f)        Dapat meningkatkan mutu dan kualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar